Al QuranArtikelBeritaMTQ UIVideo

Syiar Islam melalui Perlombaan, MTQ UI 2021 Digelar secara Daring

https://www.instagram.com/mtq_ui/

Musabaqah Tilawatil Qur’an Universitas Indonesia (MTQ UI) merupakan rangkaian perlombaan berbasis keislaman yang diselenggarakan oleh Salam UI untuk menunjang syiar Qur’an di lingkungan kampus. Kegiatan tahunan yang sebelumnya dikenal dengan UI Qur’anic Olympiad (UI QO) ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di UI.

Ketua Salam UI 24, Ilham Prakoso mengatakan bahwa MTQ UI ini merupakan salah satu program kebaikan unggulan dari Salam UI yang berfokus pada syiar Qur’an. MTQ UI menjadi acara yang memfasilitasi mahasiswa UI dalam berlomba-lomba meningkatkan kapasitas dan kualitas peran Qur’an dalam kehidupan.

“MTQ UI sangat penting untuk diselenggarakan karena diharapkan mampu menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan kita dengan Al-Qur’an melalui berbagai rangkaian yang dihadirkan. Al-Qur’an adalah pedoman hidup kita sebagai seorang muslim. Sudah sepatutnya kita mempelajarinya dengan sebaik-baiknya,” tambah Ilham.

“Selain itu, Musabaqah Tilawatil Qur’an diselenggarakan karena bentuk musabaqah itu sudah cukup masyhur di berbagai tempat, skala, dan lini. Sebagaimana lomba lain yang memiliki banyak peminat di UI, maka MTQ UI itu berdasarkan kebutuhan warga muslim di UI,” ujar Muhammad Husain selaku Koordinator Bidang Lomba Qur’an  MTQ UI 2021.

Mengusung tema “Enlighten Our Qur’an Soul”, rangkaian kegiatan MTQ UI ini berlangsung dari 25 Agustus sampai 23 Oktober 2021. Tema ini diambil untuk menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki sisi baik. Oleh sebab itu, MTQ UI ingin mengajak mahasiswa muslim di UI untuk kembali bersemangat dalam kebaikan dengan berpedoman kepada Al-Qur’an. Tidak hanya sebagai ajang perlombaan bertajuk keislaman, MTQ UI nantinya juga menjadi pionir untuk mempersiapkan kontingen dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN). 

“Kami percaya bahwa pada dasarnya manusia itu baik dan cenderung pada kebaikan. Dengan tema tersebut, kami berharap teman-teman bisa memunculkan kembali jiwa-jiwa kebaikan dengan berlandaskan pada Al-Qur’an,” ujar Nindya Djulhijjah selaku Vice Project Officer MTQ UI 2021.

Ajang yang dilombakan oleh MTQ UI tahun ini mencakup lomba ilmiah dan lomba Qur’an. Lomba Qur’an merupakan lomba yang fokusnya pada Qur’an sedangkan lomba ilmiah merupakan lomba yang membahas isi kandungan Qur’an dan pengetahuan umum. Bidang lomba ilmiah mencakup perlombaan Desain Aplikasi Qur’an (DAQ), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Debat Bahasa Indonesia-Inggris-Arab, dan Fahmil. Bidang lomba Qur’an mencakup Hifzil: kategori 1 juz, 2 juz, 5 juz, 10 juz dan 20 juz, Tartil kategori ikhwan-akhwat, Tilawah kategori ikhwan-akhwat, Khattil, dan Syarhil. Selain itu, terdapat talkshow dan workshop yang juga menjadi pemeriah rangkaian acara MTQ UI.

Tidak tanggung-tanggung untuk mensyiarkan agama Allah. Pada acara Grand Opening, MTQ UI mengundang Ustadz Amir Faishol Fath dan  Zahid Zidane untuk menarik mahasiswa yang didominasi anak muda. Bahkan, MTQ UI juga mengundang Ustadz Deden Makhyaruddin dan Ustadzah Oki Setiana Dewi dalam puncak acara Closing Ceremony..

Selain itu, MTQ UI memberikan penghargaan berupa juara umum bagi fakultas yang berhasil memenangkan banyak perlombaan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan semangat seluruh mahasiswa dalam membangun kedekatan dengan Qur’an sehingga banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti rangkaian acara ini.

Walaupun diselenggarakan secara daring, MTQ UI berhasil menjadi program syiar Qur’an di lingkungan UI. Tidak hanya itu, MTQ UI juga memberi kesan tersendiri bagi seluruh mahasiswa UI. Dalam pelaksanaannya, MTQ UI mengedepankan ukhuwah dan syiar dalam setiap rangkaian yang mereka gelar. Tidak hanya mengundang peserta lombanya saja, MTQ UI juga mengundang seluruh mahasiswa UI untuk ikut serta mendukung dan meramaikan perlombaan ini.

“Walaupun daring, Alhamdulillah, acara ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Ditambah staf dan BPH yang mudah diajak kerja sama serta peserta yang ramai, membuat acara MTQ UI tahun ini menjadi seru,” ujar Annisa Sucita selaku Koordinator Bidang Lomba Ilmiah MTQ UI 2021.

“Kesannya sangat senang ketika melihat antusias yang luar biasa dari tiap kontingen fakultas dan juga panitia yang sangat luar biasa dalam mempersiapkan dan menyukseskan kegiatan ini. Pesannya semoga esensi diselenggarakannya MTQ UI ini dapat tersampaikan kepada mahasiswa UI dan semoga akan terus dilanjutkan dengan lebih meriah dan keren,” ujar Ilham sebagai penutup rangkaian acara MTQ UI 2021 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *