Gerakan SosialNasional

Salam UI bersama Pahlawan Garda Terdepan melawan Covid-19

 

UKM Kerohanian Nuansa Islam Mahasiswa UI (Salam UI) turut mengambil peran di masa pandemi Covid-19 yang sudah menimpa Indonesia sejak 1 bulan terakhir. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penggalangan dana untuk membantu tenaga medis, selaku pahlawan di garis terdepan dalam menangani pasien Covid-19. Sampai saat ini, Salam UI telah melakukan penggalangan dana sebanyak 2 kali.  Penggalangan dana pertama dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Dakwah se-UI dan Tim Nutrisi Garda Terdepan yang diinisiasi oleh Eghar Anugrapaksi (FK UI 2015) beserta tim. Sedangkan penggalangan dana kedua dilakukan bersama Alumni Salam UI.

Penggalangan dana periode pertama yang dilakukan dari tanggal 20-26 Maret 2020 berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp21.226.000. Donasi tersebut telah disalurkan ke petugas medis di 6 Rumah Sakit Rujukan Pemerintah Pusat dalam menangani kasus Covid-19. Donasi diberikan dalam bentuk makanan untuk petugas medis yang tidak henti bekerja dan hampir tidak memiliki waktu untuk keluar membeli makanan.

Penggalangan dana periode kedua difokuskan untuk membantu petugas medis di puskesmas daerah Jabodetabek. Sampai saat ini, total donasi yang sudah masuk melalui platform Kitabisa dan transfer ke rekening terpusat sebanyak Rp24.996.121. Sebagian dana sudah disalurkan ke puskesmas-puskesmas di Jabodetabek dalam bentuk alat perlindungan diri (APD), seperti hand sanitizer, masker, dan sarung tangan. Pada kondisi seperti ini, puskesmas merupakan salah satu pintu pertama bagi masyarakat untuk memeriksakan diri terkait gejala Covid-19. Oleh karena itu, keselamatan petugas medis di puskesmas juga perlu diperhatikan. Penggalangan dana periode kedua ini dimulai sejak tanggal 29 Maret 2020 dan masih berlangsung hingga saat ini. Donasi masih dapat disalurkan melalui platform Kitabisa yang dapat diakses melalui link bit.ly/DukungPuskesmas.

Salam UI berharap, gerakan ini mampu menginspirasi lebih banyak orang untuk ikut berkontribusi dalam kebaikan. Mari kita sama-sama berdoa agar masa pandemi ini segera usai, dan negeri ini kembali aman dan damai. Beriring doa untuk seluruh tenaga medis di Indonesia, pahlawan kita semua. Semoga Allah SWT selalu menjaga mereka di kala bertugas dan melimpahkan banyak kebaikan atas pengabdiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *