InternasionalPalestina

“Penembakan Maysara Abu Shaloof”

Jumat, 12 April 2019 telah terjadi Penembakan oleh Tentara Israel yang mengakibtakan tewasnya remaja berusia 15 tahun saat terjadi bentrokan dalam demonstrasi di Jalur Gaza timur, dekat dengan perbatasan dengan Israel.

Paramedis Palestina membawa salah satu massa yang terluka saat aksi demonstrasi terjadi di Halur Gaza pada Hari Jumat, 12 April 2019.
Sumber : https://www.france24.com/en/20190412-palestinian-teen-killed-israeli-fire-border-clashes-gaza-ministry

Aksi demonstrasi tersebut merupakan bagian dari protes anti-Israel mingguan yang telah terjadi di Jalur Gaza, sejak dimulainya aksi unjuk rasa dan protes, yang lebih dikenal sebagai “Great March of Return”.
Seperti dilansir AFP, Sabtu (13/4/2019), juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza menyebut remaja Palestina yang tewas itu bernama Maysara Abu Shaloof (15). Remaja itu tewas dalam bentrokan yang pecah di Gaza bagian utara pada Jumat (12/4) waktu setempat.

“Terkena tembakan di perut oleh pendudukan (Israel) sebelah timur Jabalia,” sebut juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza dalam pernyataannya, merujuk pada wilayah Gaza bagian utara yang menjadi lokasi bentrokan.”
“Dalam bentrokan itu juga setidaknya 66 orang demonstran terluka, termasuk 15 anak-anak dan dua paramedis,” kata Qedra dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Sabtu (13/4).

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara militer Israel menuturkan kepada AFP bahwa ‘sekitar 7.400 perusuh dan demonstran’ terlibat dalam berbagai insiden di sepanjang perbatasan Gaza.

“Para perusuh melemparkan bebatuan dan ada beberapa upaya untuk melanggar pagar keamanan,” ujar juru bicara militer Israel tersebut.

“Tentara-tentara merespons dengan cara-cara membubarkan kerusuhan dan melepas tembakan sesuai dengan prosedur standar operasional,” imbuhnya.
Israel menegaskan bahwa pihaknya harus melindungi perbatasannya. Israel juga menuduh Hamas, yang menguasai Gaza, sebagai pihak yang mengatur aksi protes di sepanjang perbatasan Gaza-Israel.

Sumber :
https://international.sindonews.com/newsread/1395511/43/tentara-israel-tembak-mati-seorang-bocah-palestina-di-gaza-1555148294
https://m.detik.com/news/internasional/d-4509211/abg-palestina-tewas-ditembak-tentara-israel-dalam-bentrokan-di-gaza
https://www.france24.com/en/20190412-palestinian-teen-killed-israeli-fire-border-clashes-gaza-ministry
https://m.facebook.com/chinadaily/posts/10157173410656291
https://7dnews.com/news/palestinian-teen-killed-by-israeli-fire-in-border-clashes-gaza-ministry
http://m.en.rfi.fr/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *