Notula

“NOTULA WOMEN WORKSHOP : Healthy Lifestyle”

Klik tombol yang terletak di pojok kanan atas untuk memperbesar versi pdf.

Nama Kegiatan           : Women Workshop

Tema Kegiatan           : Healthy Lifestyle

Tanggal Kegiatan       : 1 Oktober 2019

Waktu Kegiatan          : 15.30 – 18.00 WIB

Teknis Kegiatan          : Offline

Pembicara Kegiatan    : Wita Rizki A., S.KM, RD & Erah Apriyanti

A. Materi 1 oleh Kak Wita

Hidup sehat sudah dijalani oleh umat islam sejak dulu. Dapat dibuktikan ketika nabi Muhammad SAW melakukan puasa wajib dan sunah. Islam bukan hanya pada masa Nabi Muhammad SAW, tapi dari masa Nabi Adam AS.

Sehat secara maknawi nya harus mencakup 2 hal, yaitu fisik dan ruh. Dampak hidup sehat adalah dapat beraktivitas dengan baik. Sehatà aktivitas à kualitas hidup. Artinya, aktivitas akan baik, lancar, maka kualitas hidup juga akan meningkat. Jadi, jika ada masalah bisa menyelesaikannya dengan lancar dan tepat. Kita dapat mengambil contoh, ketika kita ke kuliah dalam keadaan demam, maka konsentrasi belajar akan menurun. Diharapkan walaupun dalam keadaan sakit, kualitas hidup harus tetap meningkat. Missal ketika demam dan kurang enak badan, tapi tetap makan makanan yang sehat dan menjaga asupan gizi nya, meskipun susah dan tidak enak makan, tapi tetap berusaha makan.

Niatkan sehat kita untuk beribadah dan bukan hanya kepentingan dunia. Niatkan ketika sukses akan tetap berdakwah dan menyampaikan ilmu yang dimiliki. Ilmu dan nikmat yang didapat diniatkan untuk kebaikan. Terkadang nikmat sehat sering dilupakan dan tidak disyukuri. Contoh: ada banyak tugas yang deadline, sehingga menunda dan lupa makan. Karena Nikmat akan dipertanyakan pertanggung jawabannya. Ada di Surat At-Takasur ayat 8à manusia sering melupakan nikmat kesehatan dan waktu luang.

Sehat rohani pada akhirnya kita akan menjadi aktualisasi diri. Jika memendam amarah, jiwanya akan terganggu. Memedam amarah dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya yaitu hipertensi. McCubbin’s tahun 2000-2002 penelitian HANDLS/Healthy Aging in Nationally Diverse Longitudinal Samples: McCubbin dan timnya meneliti hubungan tekanan darah dan respon emosi dari 106 African- Americans dg status sosial ekonomi lemah di Baltimore, hasilnya : ada hubungan antara tekanan darah dengan sistem syaraf pusat terkait stimulus emosi.

Cara hidup sehat modern:

  1. Bulimia
  2. Anorexia nervosa
  3. Diet Keto
  4. Diet Mayo
  5. Diet Vegetarian
  6. Diet mediteranean

Gemuk dan kurus tidak dapat di justifikasi klo dia sehat atau tidak, karena gemak dan kurus ada dampaknya. Makan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih, dan istirahat yang cukup harus dilakukan oleh manusia. Syarat makanan yang dapat dimakan yaitu, Halal, tayyib, dan jangan mengikuti nafsu (dorongan setan).

Pedoman Hidup sehat di Indonesia (Ini isi piringku).Air yang  dibutuhkan 1500-2000 ml (disesuaikan dengan aktivitas).

Sumber protein daging sapi, telur ayam, ikan, Biji-bijian, sayuran hijau. Waspada pengeroposan tulang. Batasi gula, garam, minyak. Olahraga minimal 30 menit (3x 1 minggu)

B. Materi 2 oleh Kak Erah

Komponen utama Yoga adalah Pernapasan. Nafas adalah jembatan antara jiwa dan fisik. Di otak ada amigdala. Amigdala akan tertutup ketika marah. Amigdala yang tertutup hanya bisa dibuka oleh oksigen. Supaya amigdala flesibel, harus bisa melakukan pengaturann napas. Seharusnya amigdala orang muslim selalu terbuka, karena harus bisa mengatur amarah dan emosi diri. Ketika sujud, oksigen baru akan masuk karena Posisi kepala yang lebih rendah dari jantung. Napas yang teratur dapat menenangkan otak yang panas atau mengebul. Jadi ketika marah, pengaturan pernapan sangat penting. Kenapa tidak boleh menyimpan dendam? Karena ada hormon yang terbentuk, yaitu kortisol. Ketika tidak dikeluarkan akan menjadi residu racun yang akan berubah menjadi penyakit. Hormon kortisol dapat dihilangkan dengan hormon endorfin, hormon ini adalah hormon kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *