Muhasabah Akbar MuharramNotula

“Notula Road To Muhasabah Akbar Muharram 1441H”

Klik tombol yang terletak di pojok kanan atas untuk memperbesar versi pdf.

Tema : Bangsa yang Kuat, Bangsa yang Hatinya Sehat

Pembicara : K.H. Abdullah Gymnastiar (Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid)

  • Apakah Allah SWT menyaksikan pertemuan ini? Apakah malaikat juga hadir bersama kita? Atau ada juga jin islam yang ikut disini?
  • Kalau ingin bangsa ini menjadi baik, kuncinya 3M
  1. Mulai dari diri sendiri
  2. Mulai dari hal kecil
  3. Mulai dari saat ini
  • Kita selalu ingin orang lain berubah buat kita, tapi kita suka lupa, kita lupa berubah atau tidak.
  • Menginginkan bangsa ini baik adalah keinginan kita semua sebagai anak bangsa.
  • Masih ada orang pascasarjana parkir tidak pada tempatnya, bahkan membuang sampah sembarangan. Padahal telah bertahun-tahun pendidikan ditempuh olehnya, akan tetapi menyelesaikan hal kecil saja tidak bisa. Maka apakah kita akan bisa menyelesaikan hal-hal besar?
  • Kalau mau berubah, berubahlah sekarang. Jangan tunggu besok
  • Apa yang harus kita ubah pada diri kita ?
  • Dari An Nu’man bin Basyir radhiyAllahu ‘anhuma, Nabi shallAllahu ‘alaihi wa sallambersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

  • Kalau hatinya baik, baik semuanya. Sayangnya, sedikit sekali kita belajar tentang ilmu hati. Dan sedikit sekali kita memperhatikan hati kecuali ketika kita sedang jatuh hati, patah hati, Kita lebih sibuk menata penampilan daripada menata hati.
  • Hati, dibagi tiga.
  1. Qalbun mayyit, yaitu orang yang hatinya mati. Dia hatinya tidak bisa berfungsi seperti normal. Orang yang hatinya mati hanya akan bisa menuhankan nafsu. Hanya orang2 yang hatinya mati yang tidak lagi memiliki rasa kemanusiaan.
  2. Qolbun maridh, yaitu orang yang hatinya sakit. Cirinya, orang ini tidak pernah tenang hatinya dalam hidupnya. Semakin kompleks sakit hatinya, dalam hidupnya semakin tidak pernah ada ketenangan dalam hatinya. Ada orang yang memiliki segala hal duniawi akan tetapi memilih utk bunuh diri. Mengapa ?
  3. Qalbun salim, yaitu Hati yang sehat… selamat dari penyakit.
  • Orang-orang yang memilik hati ini akan selamat pada hari kiamat, sebagaimana firman Allâh Azza wa Jalla:

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ ﴿٨٨﴾ إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tiada lagi berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allâh dengan hati yang bersih. [Asy-Syu’ara’/26: 88-89].

  • Ingat hari yang tiada manfaat harta dan anak-anakmu kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang
  • Salah satu ciri qalbun maridh: tidak ngaku. Jadi dia hatinya sakit tidak akan mengakuinya.
  • Kita ingin ke syurga.. akan tetapi amalannya seperti orang yang engga Coba, lebih banyak baca quran atau baca WA ? Khusyu’an mana antara sholat atau dandan?
  • Ciri orang yang hatinya qolbun salim:

Gimana tolok ukur orang yang bersih hatinya ? Hadits riwayat imam at tirmidzi, ibnuhibban, insyaAllah dianggap shahih. Dari ibn masud Rasulullah bersabda :

ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ .
Artinya: Nabi Saw berkata, “Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka? Para sahabat berkata, “Iya, wahai RasulAllah!” (Sahih Ibn Hibban). Beliau menjawab, “(Haram tersentuh api neraka) orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl

  • Hayyin: orang yang lahir batiya tenang, teduh dan meneduhkan. Sangat bisa mengontrol dirinya, tutur tatanya terjaga, sikapnya terpelihara. Sehingga orang yang bertemu dengann orang hayyin ini akan terasa ketenangan. Orang hayyin sangat stabil dan terkendali dalam bersikap, berkata, dan sangat mempengaruhi orang untuk menjadi jalan ketenangan
  • Layyin: lembut, sopan, santun. Orangnya sangat santun. Bicaranya baik, terjaga dan tidak melukai orang lain. Bersifat suportif. Selalu ingin memberi tahu orang yang tidak tau, mengigatkan orang yang kelupaan, membantu orang yang berdosa, dan tidak terlihat menggurui.. karena ia sangat sopan.
  • Qorib: orang yang akrab , hangat, supel dan enak bergaul. Kalau orang bertemu dengann orang ini jadi senang, suka hatinya dan puas
  • Sahl: mudah, gak belibet, gak mempersulit urusan. Orang yang baik hati memudahkan urusan, tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar
    Contohnya jika dihina …misal.. “moyet lu!” “bukan” –end- jadi berhusnuzon aja kalau ada orang yang salah.
  • Hayyin, darimana datangnya ketenangan? ‘Ala bidzikrillah tatmainnal qulub… S. Ar Ra’d ayat 28
  • Jadi ketenangan itu milik Allah dari Allah huwalladzi anzala sakinah illa kullu.. Hati itu jadi alarm, kalau kita ingat Allah turun sakinah, kalau kita lupa Allah… hilang sakinah
  • Semua urusan itu ada dalam genggaman Allah tapi kita kebanyakan mikir kurang dzikir. Harusnya tiap mikir jadi dzikir. Contoh: pilpres, kalo gamake dzikir stressnya sampe sekarang. Ingat pilpres ingat Allah, Q.S. Ali Imran : 26
  • Dalam genggaman Allah segala kebajikan, Allah Maha Kuasa atas segalanya. Siapapun yang punya jabatan pasti Allah yang angkat. Kalau menggunakan jabatan dengan bener maka dikasih yang kedua. Tapi kalau tidak digunakan dengan benar, dihinakan oleh Allah
  • Jabatan bukanlah tanda kemuliaan. Kecuali dengan jabatan itu harusnya kita lebih bertakwa dan mengajak orang lain bertakwa.
  • Ingat jodoh? Ingat Allah. Hati jodoh milik Allah… Allah maha membolakbalikkan hati. Yang membuat wajah adalah Allah, yang ngatur jodoh hanyalah Allah. Makanya manusia yang stress itu pasti telat inget Allah. Mau zaman apapun juga, tetaplah hanya Allah yang menjamin kita. Bukanlah presiden, kepinteran, teknologi, dan lain sebagainya.
  • Jika hanya dengan kepandaian langsung jadi kaya raya, maka harusnya engga ada orang pinter yang gagal. Bagi saya tidak penting jadi orang kaya. Yang penting adalah jadi orang cukup. Orang kaya belum tentu hatinya merasa cukup. Orang cukup sudah tentu hatinya cukup
  • Ingat rezeki, ingat Allah, semua udah Allah yang jamin. Cicak makannya nyamuk, nyamuk punya sayap, cicak di dinding tapi engga pernah stress kan ? Mana yang hebat, cicak nyari nyamuk, atau nyamuk ngedeketin cicak?? Cicak gerak dikit disbanding nyamuk, tapi rezeki jg dapet kan ?
  • Ketika kita masih menjadi janin, rezeki ada tidak? Mana yang hebat? Rezeki deketin janin atau janin nyari rezeki ? Waktu bayi rezeki ada tidak? Cukup tidak? Mana yang hebat bayi cari rezeki atau rezeki deketin bayi? Bayinya di depok, sapi nya di selandia baru… sampai air susunya.
  • Kuliah bukan buat cari rezeki, kuliah itu supaya hidup kita bermanfaat di jalan Allah
  • Agar semakin banyak orang-orang yang khairunnas anfauhum linnas
  • Takut menikah karena takut tidak mencukupi rezeki nya ?? Rezeki tidak selalu sesuai dengann rencana kita. Rezeki tidak sama dengan gaji.
  • Inget rezeki inget Allah. Telat ingat ke Allah bisa gelisah. Q.S Yunus : 107 Dan sekiranya Allah menimpakan kemudaharatan kepadamu, tidak ada yang bisa mengilangkannya selain dia.
  • Sakit? Allah yang sembuhkan, semuanya Allah yang ngatur. Dan jika Allah menghendaki kebaikan, tidak ada yang bisa menolak. Kalau saudara gelisah ? pasti kurang dzikir
  • Buah dzikir yang paling hebat itu ada dua, yaitu Raja’ (harap) dan khauf (takut) nya hanya kepada Allah.
  • Semua kebaikan dan kepahitan telah kurasakan seluruhnya. Dan tiada yang lebih pahit selain berharapnya hati kepada manusia.
  • Mau bahagia? Jangan berharap apa-apa kepada selain Allah. HasbunAllah wa ni’mal wakil..
  • Mau bahagia ketika di rumah tangga, akhwat ? Jangan terlalu cinta pada suami wkwk. Kalo cinta berlebihan tuh pasti jadi ngarep-ngarep berlebihan. Sedangkan siapa suami? Hanya manusia. Berharaplah hanya kepada Allah. Kalo berharap ke makhluk
  • Hari kemerdekaan itu adalah hari lepasnya harapan kepada selain Allah.
  • Percayalah hadirin, bahagia itu hatinya tidak ada kemelekatan kecuali hanya kepada Allah.
  • Kalau nanti kalian punya dunia, biasa aja. Seperti tukang parkir, banyak mobil engga sombong, diambil semua pun engga sakit hati. Karena cuma titipan
  • Jadi hayyin itu, orang akan memilik hayyin tergantung tingkat ketauhidannya
  • Kalau ia masih menuhankan selain Allah pasti tidak tenang. Jabatan, harta dan lain sebagainya, karena Allah engga akan menurunkan ketenangan
  • Kalau kita udah banyak gelisah, lebih baik ambil wudhu, wastainu bishabri wasshalah.
  • Contoh ketika cemburu: Lebih baik ambil air wudahu-sholat, sedih-sholat, sakit hati-sholat, skait hati-sholat, takut-sholat, cemas-sholat. Karena sholat itu pilar dzikrullah
  • Ketika tertimpa musibah katakanlah innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Lalu shalat. Ilmu dikit, minta tolong ke Allah, Allah yang ngatur.
  • Layyin: lembut. Layyin datang dari hati yang penuh kasih sayang (lembut)
  • Nanti liat di youtube: deen assalam a’agym. Tayangan youtube tentang kasih sayang. Ada ibu-ibu dari Columbia datang ke kebun binatang pukul-pukul kerangkeng singa. Langsung dah diterkam… eh ternyata di peluk sama singa nya. Padahal singa itu binatang buas, tapi bisa merindukan dan menyangi ibu ini? Ibu ini memiliki 2 kekuatan utama : kasih sayang, ketulusan. Iman, ikhlas. Kalau tulus: tidak ngarep pamrih. Rupanya 5 tahun yang lalu singa ini pernah ditolong oleh ibu ini dan singa itu tidak melupakannya.
  • Kalo orang sayang: keluarnya tuh lembut, hadirin. Nabi Muhammad itu teladan, diutus sebagai rahmah bagi seluruh seisi alam. Islam itu deenurrahmah agama seluruh kasih sayang. Jadi itulah ruhnya, orang itu akan berakhlak baik jika tauhidnya benar epada pencipta dan keciptaan menurunkan akhlakul karimah.
  • Saya tidak mengerti kenapa islam diidentikkan dengan kekasaran dan ketidaksabaran. Maka hati-hati dengan sikap kita Jika kita tidak ingin jadi orang yang tersentuh api neraka. Sayangi lah yang di bumi maka yang dilangit akan menyayangimu
  • Hadits yang seorang wanita ngasih minum anjing terus masuk surge. Ibu-ibu ahli ibadah mengurung seekor kucing tanpa diberi makan dan jalan untuk mencari makan, dan ia jadi penghuni neraka (?)
  • Jadi harus empati, kayak wanita pezina yang nolong anjing karena empati. Jadilah penyayang, dengan menyayangi sekitar. Orang-orang yang berbuat baik karena empati hidupnya bahagia, akan didoakan oleh orang2-orang yang dibahagiakan olehnya
  • Allah paling suka sama orang yang dermawan, yang empati kepada sekitar. Kita tuh udah tau tapi gak mau ngamalin. Kalau ingin tidak tersentuh api neraka : 3: qorib, datang dari orang yang tawadhu. Tidak sombong karena sombong ciri mendustakan kebenaran dan merendahkan orang lain
  • Begitu hebatnya Rasulullah tetapi begitu tawadhunya beliau. Tiap orang yang jumpa dengan Rasulullah selalu merasa menjadi orang yang paling istimewa oleh Rasulullah
  • Karena selalu diperhatikan dengan focus dan sebaik-baiknya, selalu dijabat tangan duluan dan tidak akan melepaskan sebelum orang itu melepaskan. Selalu memperlakukan dengan sebaik2nya dehingga orang tersebut merasa dirinya special.
  • Jangan menganggap remeh orang lain, cobalah focus. Jangan main hp kalau lagi besama orang lain. Salah satu yang bisa rusak gara-gara hp adalah keakraban di keluarga.
  • Menggunakan hp untuk kepentingan pribadi bisa mengurangi keakraban dengan orang di depannya
  • Sahl: mudah, datang dari pribadi yang bisa menahan nafsu. Kecenderungan kita tuh serngnya emosional. Simpelkanlah segala urusan. Misal ban meletus, berarti itu rezekinya tukang tambal ban. Bikin nasi terus jadi bubur, jangan dipersulit lagi, jadiin bubur ayam.
  • Sabar menghadapi wanita. Wanita terbuat dari tulang rusuk yang bengkok, Jadi disabarin aja jangan diluruskan dengann paksa. Rahasia menghadapi istri: sabra, dan taubat…
  • Banyak yang harus kita lakukan, kalau setiap urusan remeh jadi masalah besar… kapan bahagianya hidup ini?
  • Kalau ada orang nyebelin, udah biarin.
  • Supaya gak sakit hati?? Siapa yang menciptakan kita? Allah
  • Siapa yang ngasih rezeki, ngasih pahala, ngampuni dosa, bikin kita husnul khotimah, bikin kita masuk surga? Allah!
  • Udah ngapain kita ngurusin mulut orang. Nabi yang mulia aja dihina, apalagi kita yang gaada apa-apanya. Hinaan orang ke kita itu gaada apa-apanya dibandingkan kehinaan kita yang ditutupi oleh Allah.
  • Relax, jangan mudah terpancing, mudahkan, jangan dipersulit. Gembirakan suasana, senangkan suasana jangan dibuat mencekam.
  • Hayyin: tenang datangnya dari tauhid ke Allah
  • Layyin, lembut datangnya dari sifat Rahman kasih sayang
  • Qorib, datangnya dari ketenangan hati
  • Sahl datangnya dari sifat mengendalikan hawa nafs
  • Jika orang memiliki semua ini, insyaAllah terhindar dari api neraka.

Ditulis oleh:
Departemen Islamic Learning Center Salam UI 22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *