Sejarah

Salam UI merupakan kepanjangan dari “Nuansa Islam Mahasiswa UI”. Salam UI merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang Dakwah Islam di Kampus Universitas Indonesia. Salam UI berdiri pada tanggal 28 Oktober 1998 di Balairung, Depok, Universitas Indonesia. Salam UI dahulu berdiri di bawah Direktur Kemahasiswaan UI dan berada di bawah naungan Senat Mahasiswa UI (Sekarang BEM UI).

Pada masa awal berdiri Salam UI fokus pada pembinaan mahasiswa muslim, dan kaderisasi kelembagaan guna mencapai bentuk organisasi Lembaga Dakwah yang ideal. Didirikannya Salam UI juga menjadi simbol pemersatu bagi Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang telah berdiri sebelumnya sehingga terciptanya Koordinasi sebuah Sinergisitas Kesatuan Visi, Misi, Emosi, dan Kreasi Lembaga Dakwah se-UI.

Salam UI juga menjadi salah satu perintis didirikannya Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK). Tahun ini Salam UI diamanahkan menjadi Pusat Komunikasi Nasional FSLDKN masa bakti 2017-2019. Hingga kini, Salam UI telah berdiri selama 19 tahun mengabdi dalam Syiar Islam untuk UI, Indonesia, dan Internasional.