BeritaInternasional

“Pernyataan Sikap Salam UI dan FSLDK – Aksi Teror di Trebes, Prancis”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hari Jum’at, 23 Maret 2018 lalu, telah terjadi sebuah aksi penyanderaan dan penembakan yang mengatasnamakan Islam di daerah Trèbes, Carcassonne, Prancis. Aksi tersebut menyebabkan setidaknya tiga orang meninggal dan belasan lainnya luka-luka. Pelaku merupakan seorang pria berkabangsaan Maroko bernama Ridouane Lakdim (26), dan diklaim oleh kelompok paramiliter ISIS (Negara Islam Irak dan Syam) sebagai “salah satu tentara Negara Islam.” Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyatakan bahwa aksi ini merupakan “aksi teror para Islamis.”

Lembaga Dakwah Kampus Nasional Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (LDKN Salam UI) sebagai lembaga kerohanian Islam yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, perdamaian, keislaman yang wasath (moderat) dan persaudaraan, merasa perlu menyatakan sikapnya terkait dengan hal tersebut.

Pertama, Salam UI, sebagai bagian dari masyarakat dunia yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kemanusiaan, menyatakan rasa bela sungkawa atas terjadinya aksi teror ini dan mengecam segala bentuk teror dan kekerasan yang mengatasnamakan Islam.

Kedua, Salam UI, sebagai bagian dari masyarakat muslim, menyeru bahwasanya Islam bukanlah agama teror, melainkan agama yang penuh kasih sayang, kelemahlembutan, dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Sebagaimana firman Allah ﷻ dalam Q.S. al-Anbiya [21]:107, “Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia.

Ketiga, Salam UI menyayangkan pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dalam pernyataannya terkait aksi teror ini yang menilai bahwa teror ini merupakan bentuk dari “teror Islamis,” padahal teror tidak mengenal identitas, termasuk di dalamnya agama.

Keempat, Salam UI, sebagai bagian dari komunitas global yang menjunjung tinggi nilai-nilai perdamaian dan keberanian memperjuangkan kebenaran, mengajak kepada setiap Muslim untuk senantiasa berdo’a, berikhtiar, serta menyerukan perdamaian dan perlawanan atas segala bentuk kedzaliman dan fitnah diatas dunia.

Demikian pernyataan sikap kami.

Wassalam.

 

Depok, 26 Maret 2018

Ketua LDKN Salam UI,

Muhammad Ismail

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *