BeritaInternasionalPalestina

“PERNYATAAN SIKAP LDKN SALAM UI DAN LD SE-UI TERHADAP PEMINDAHAN KEDUTAAN BESAR AS”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Negara Kesatuan Republik Indonesia sedari awal telah terbentuk bersama dalam semangat luhur tentang keadilan sosial bagi semua pihak, serta menyuarakan cita-cita tentang nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Salah satu bentuk langsung implementasi semangat luhur yang mulia tersebut adalah sikap penolakan Indonesia terhadap segala bentuk penjajahan diatas dunia yang dinilai tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Tidak terkecuali penolakan terhadap segala bentuk penindasan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina, serta mendukung penuh upaya kemerdekaan bagi bangsa Palestina.

Maka, Kami Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia beserta Lembaga Dakwah se UI sebagai salah satu unsur dari masyarakat Indonesia yang masih percaya dan memegang teguh semangat yang telah dibawa oleh para pendiri bangsa kita, dengan jelas mengecam dan mengutuk keputusan sepihak Amerika Serikat yang memutuskan untuk memindahkan kedutaan besar mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem sebagai salah satu bentuk pengakuan Yerusalem sebagai Ibu kota dari Israel.

Pengecaman dan pengutukan yang Kami lakukan menimbang dari beberapa hal:

  1. Keputusan sepihak Amerika Serikat yang telah dilakukan pada tanggal 14 Mei lalu telah mencederai resolusi 478 PBB tahun 1980 tentang penolakan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu kota Israel, serta hasil sidang majelis umum PBB tanggal 21 Desember 2017 dimana 128 dari 193 negara anggota PBB menolak keputusan Amerika Serikat tersebut.
  2. Keputusan sepihak Amerika Serikat yang telah dilakukan pada tanggal 14 Mei lalu telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa dari warga Palestina sebanyak 58 orang dan 2.700 orang lainnya terluka hingga tanggal 15 Mei kemarin (Departemen kesahatan Palestina).
  3. Keputusan sepihak Amerika Serikat yang telah dilakukan pada tanggal 14 Mei lalu dapat mengganggu keamanan global. Terutama di kawasan timur tengah. Mengingat keputusan
    ini dapat menjadi sebuah bentuk penghinaan atas bangsa Islam dunia dan dikhawatirkan dapat memicu berbagai tindakan kekerasan dan kerusuhan kedepannya.
  4. Keputusan sepihak Amerika Serikat yang telah dilakukan pada tanggal 14 Mei lalu dapat memicu tindakan terorisme secara global yang lebih masif lagi.
  5. Keputusan sepihak Amerika Serikat yang telah dilakukan pada tanggal 14 Mei lalu telah mencederai cita-cita Bangsa Indonesia yang mengecam segala tindak penjajahan diatas dunia

Bismillahirrahmanirrahim,

Sikap Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia beserta Lembaga Dakwah se UI terkait keputusan sepihak pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat untuk Israel ke Yerusalem:

  1. Mengecam dan mengutuk keputusan tersebut atas nama kemanusiaan sampai kapanpun.
  2. Menuntut PBB untuk dapat bersikap tegas terhadap keputusan tersebut, sebagaimana hasil resolusi 478 tahun 1980 serta sidang darurat Majelis Umum PBB 21 Desember 2017
  3. Mendukung setiap upaya pemerintah Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.
  4. Berkomitmen untuk selalu menyuarakan dukungan moral terhadap Palestina dengan berbagai cara.
  5. Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membuka mata dan hatinya, mendo’akan dan berkontribusi dalam berbagai cara untuk saudara-saudara kita di Palestina.

Atas nama Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Depok, 17  Mei 2018

Ketua LDKN SALAM UI 21,

Muhammad Ismail

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *