ArtikelOpiniWomen Days

“Perbedaan Jilbab, Khimar, dan Hijab”

Oleh: Wira Sakinantun Najahah (Kepala Departemen Kemuslimahan
Formasi FIB UI 26
)

Assalamualaikum sahabat muslimah..

Pernah perhatikan muslimah-muslimah sekitar kamu? Pasti udah pernah melihat berbagai penutup kepala yang digunakan sama saudari-saudari kita dong. Perbedaannya mulai dari bahan yang digunakan, warna hingga bentuknya. Bicara masalah bentuk nih, ternyata bentuk-bentuk itu memiliki nama yang bereda pula loh. Kalau di Indonesia, jenis penutup kepala yang paling umum disebutkan adalah jilbab. Kali ini, kita akan membahas beberapa perbedaannya nih.

Beberapa jenis penutup kepala ini diantaranya:

>> Jilbab: jilbab berasal dari kata bahasa arab yang secara umum diartikan selendang atau kain lebar yang digunakan untuk menutupi kepala, dada dan bagian belakang tubuhnya. Padahal arti sebenarnya dari jilbab ialah baju terusan panjang yang menutup seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah. Baju seperti ini biasa disebut gamis kalau di negeri kita.

>> Hijab: hijab berasal dari bahasa arab yang dapat diartikan sebagai penghalang. Namun di beberapa Negara muslim, istilah ini merujuk pada pakaian seorang muslimah. Hijab diasosiasikan sebagai tatacara perempuan muslim berpakaian menurut agamanya.

>> Khimar: istilah ini jarang dipakai di Indonesia, istilah yang paling sering di gunakan untuk khimar di Indonesia ialah Kerudung, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Khimar merupakan penutup kepala yang dapat menutupi kepala, leher dada dan bagian belakang tubuh tanpa memperlihatkan lekuknya. Sedangkan kerudung hanya menutupi kepala saja.

Dari penjelasan singkat di atas, kita bisa mengetahui bahwa kalimat yang paling tepat digunakan untuk penutup kepala bagi muslimah ialah khimar. Walaupun istilah ini masih jarang digunakan masyarakat, namun banyak yang telah menggunakannya dan menerapkannya dalam bagian dari busana sehari-hari para muslimah.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *