KOPI Ramadhan

“Ngambis Bareng Lebih Asyik”

Oleh Indri Septiani

(Staf Dept. Syi’ar Media Salam UI 21)

 

Assalamu’alaikum wr. wb, ikhwah fillah terbaik!

Wah nggak kerasa progres ramadhan kita udah setengah jalan nih! Masyaa Allah, semoga semangat kita terus dijaga sama Allah yaa.

Bicara tentang progres ramadhan, seperti yang kita semua tahu, bulan ramadhan merupakan salah satu momentum paling ‘wow’ untuk umat muslim melakukan revisi diri maupun revisi iman. Pasti banyak diantara temen-temen yang semangat tak ingin melewatkan peluang limpahan pahala yang katanya sih, berkali-kali lipat dibanding bulan biasanya.

Tapi, bisa nggak sih semangat itu tetep terjaga dengan baik? Mengingat yang namanya mahasiswa, seringkali karena terlalu padatnya aktivitas, semangat dan niat mengerjakan amalan-amalan yang sudah direncanakan untuk ngambis di bulan ramadhan ini lewat begitu saja karena lupa.

Pagi-pagi sibuk ujian lah, siangnya rapat lah, sorenya evaluasi lah. Sibuk ini itu, eh di ujung hari baru tersadar belum beresin target ngambis ramadhan 🙁 hmm

Nah teman, ada loh caranya agar kita tetep bisa menjaga konsistensi semangat ngambis ramadhan kita. Apa hayo?

Yup, bener! Memiliki kawan-kawan yang satu visi denganmu alias sama-sama ambis untuk selalu berada di jalan hidayah dan ketaatan. Iya, kawan-kawan yang haus akan revisi iman di bulan berkah ini.

Banyak keutamaan beramal secara bersama-sama alias amal jama’i alias berjamaah dibanding beramal sendirian, karena seperti yang kita tahu bahwa setiap manusia mempunyai potensinya masing-masing, si A jago ngomong, si B jago nulis, si C jago desain dll dll.

Coba bayangkan, ketika Goku yang jago kamekameha dan Vegeta yang jago genki dama di Dragon Ball bersatu, muncul kekuatan baru yang lebih super untuk mengalahkan musuh! Apalagi kita, coba, makhluk paling spesial ciptaan Allah ini jika dipersatukan, maka tentu saja akan menghasilkan kekuatan menebar kebaikan yang lebih besar dan tentunya dengan dampak yang lebih luas!

Contoh kecil, ketika kamu ingin melakukan sebuah program baksos ramadhan di kampus tempat kamu berkuliah, apa mungkin kamu bisa melakukannya sendirian?

Ga cuma itu temen-temen, banyak sekali amal kebaikan yang hanya mungkin dilakukan dengan cara bersama-sama alias jamaah.

Nah, dengan memiliki kawan-kawan yang punya satu visi kebaikan sepertimu, insya Allah produktivitas dan keistiqomahan juga bisa lebih terjaga.

Ketika kamu sedang kehilangan semangat, sedang capek, sedang banyak pikiran, merekalah yang akan merangkulmu, merekalah yang akan hadir memberimu sentilan-sentilan kecil yang berorientasi memotivasi untuk balik lagi jadi anak ambis di bulan ramadhan.

Dalam sebuah hadits dikatakan,

“Berdua lebih baik daripada sendiri, bertiga lebih baik daripada berdua, berempat lebih baik daripada bertiga, maka hendaklah kalian tetap bersama berjamaah, karena sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan umatku kecuali atas sebuah petunjuk (hidayah).” – HR. Ahmad

Wah rupanya Allah juga menjanjikan hidayah pada orang yang melakukan langkah kebaikan bersama-sama. Masyaa Allah. Karena itu, kuy lah kita bareng-bareng rapatkan barisan agar hidayah dan cinta-Nya selalu bersama kita.

Karena ngambis sendirian itu gak asik, gais. Yuk ngambis bareng! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *