ArtikelOpiniWomen Days

“Manfaat Berhijab dari Segi Kesehatan”

Oleh: Niken Rachma Sayekti (Kepala Departemen Keputrian
FSI FKUI 2016)

Pernahkan ukhti membayangkan banyaknya manfaat yang Allah SWT perintahkan untuk para muslimah dalam menggunakan hijab? Salah satu manfaatnya adalah mengurangi risiko terkena kanker kulit. Contoh kanker kulit adalah jenis melanoma yaitu jenis kanker yang menyerang melanin (pigmen yang mewarnai kulit). Melanin berperan dalam menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan.

Menurut data WHO pada tahun 2011 nenunjukkan bahwa angka kematian akibat kanker kulit di Indonesia masih berkisar antara 0.8 dan menempati urutan ke-122. Sekitar 2,1% laki-laki dan wanita terdiagnosis melanoma didunia berdasarkan data dari tahun 2010—2012. Salah satu faktor risiko  terjadinya melanoma adalah paparan sinar ultraviolet matahari dalam jangka waktu lama. Jenis sinar ultraviolet terdiri dari UVA, UVB, dan UVC. UVA merupakan 95—98% dari radiasi UV, UVB merupakan 2-5% dari radiasi UV dan paling banyak terdapat jika matahari tepat berada diatas kepala dan termasuk dalam sunburn spectrum, serta UVC yaitu jenis sinar radiasi UV yang paling berbahaya karena diserap efektif oleh DNA dan bersifat mutagen poten (dapat menyebabkan kanker kulit) namun sinar UVC ini difilter oleh lapisan ozon. Setiap 10% dari penipisan lapisan ozon menyebabkan peningkatan 4.500 kasus melanoma.

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui ya ukhti bahwa salah satu pencegahan kanker melanoma adalah dengan menghindarikan kulit agar tidak terkena paparan langsung sinar ultraviolet yaitu dengan menggunakan pakaian lengkap untuk melindungi kulit seperti perintah Allah SWT kepada muslimah untuk menggunakan hijab! Kuy berhijab!

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Q.S. Al-Ahzaab : 59]

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *