ArtikelOpiniWomen Days

“Kewajiban Menutup Aurat”

Oleh: Mahasin Amaliyah Ariffin (Ketua Departemen Kaderisasi
FOKSI Vokasi UI 2016)

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah, sebagaimana Allah telah menjelaskannya di dalam ayatnya Al Quran berikut:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya :

Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka !” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allâh adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [Q.S. Al Ahzab (33): 59]

Hal ini juga diperkuat di dalam hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Wahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan). [HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]

Dari kutipan ayat dan hadist di atas menjelaskan bahwasannya betapa pentingnya menutup aurat bagi seorang wanita. Mengapa demikian? hal ini karena wanita begitu istimewa dalam prespektif Islam. Berikut adalah keuntungan bagi seorang wanita saat dirinya menutup aurat:

  1. Lebih mudah dikenali dan menyejukan mata (pakaian yang dikenakan menunjukan identitas kita ke lingkungan sekitar).
  2. Menuntun kita untuk berperilaku baik (pakaian memang tidak selamanya mencerminkan akhlaq seseorang itu baik atau tidak, akan tetapi dengan pakaian yang baik menuntun kita untuk memiliki akhlaq yang baik pula).
  3. Membantu kaum Adam untuk menjaga pandangan mereka, dengan begitu kita secara tidak sadar dapat mengurangi tindakan kriminal seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, dll.
  4. Mengurangi dosa kita yang disebabkan karena tidak menutup aurat.
  5. Dicintai Allah dan rasul-Nya (menutup aurat merupakan wujud kecintaan kita kepada Allah dan rasulNya, saat kita mencintai Allah dan rasulNya maka saat itu pula betapa besarnya cinta dan kasih yang Allah berikan untuk kita).
  6. Melindungi dari sinar UV matahari secara langsung ke kulit kepala yang jika terpapar secara langsung dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kanker.

Dan masih banyak lagi yang akan kita dapatkan saat menjalankan kewajiban menutup aurat. Akhir kata untuk kalian para wanita muslim, jangan pernah ragu saat memilih untuk menutup aurat karena itu adalah pilihan yang tepat untuk melindungi kalian. Yakinlah setiap perintah yang Allah berikan untuk kita memberikan manfaat yang besar untuk diri kita dan lingkungan.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *