ArtikelOpiniWomen Days

“International Hijab Solidarity Day di Indonesia”

Oleh: Anita Rahayu (Kepala Departemen Kemuslimahan FSI FISIP UI 27)

International Hijab Solidarity Day atau yang biasa disingkat IHSD merupakan sebuah perayaan besar setiap tanggal 4 September. International Hijab Solidarity Day terlahir dari sebuah konferensi yang diadakan di Kota London, Inggris pada tanggal 4 September 2004. Pada awalnya, International Hijab Solidarity Day diprakarsai oleh para pemeluk Islam di empat negara, yakni; Perancis, Jerman, Tunisia dan Turki. Di negara-negara tersebut para muslimah berhijab seringkali mendapat diskriminasi dan kesulitan. Oleh karena itu, International Hijab Solidarity Day sendiri memberikan penekanan pada makna kata Solidarity (solidaritas) yakni rasa senasib dan setia kawan.

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia, nyatanya turut serta dalam merayakan  momen spesial tersebut. Jika International Hijab Solidarity Day di negara-negara Eropa dilakukan sebagai bentuk aksi penolakan akan diskriminasi terhadap muslimah yang berhijab, maka lain halnya dengan di Indonesia. Perayaan International Hijab Solidarity Day di Indonesia  dilakukan sebagai bentuk rasa solidaritas kepada muslimah di luar sana, di belahan bumi yang lain, yang mendapatkan perlakuan semena-mena karena berhijab serta bentuk syiar untuk mengajak muslimah Indonesia yang belum berhijab.

Perayaan International Hijab Solidarity Day di Indonesia umumnya dirayakan dalam bentuk aksi damai dengan turun kejalanan sambil membagikan pamflet yang berisi seruan bagi muslimah untuk menggunakan hijab tanpa harus takut ditekan oleh pihak tertentu, mengadakan sosialisasi penggunakan hijab yang syar’i kepada masyarakat umum, hingga mengadakan seminar mengenai pentingnya berhijab bagi seorang muslimah. Contohnya perayaan  International Hijab Solidarity Day yang dilakukan oleh Departemen Kemuslimahan Salam UI dan Departemen Kemuslimahan Lembaga Dakwah Fakultas se-UI beberapa tahun belakang yaitu dengan membagikan hijab gratis bagi mahasiswi UI yang baru berhijab serta pembagian pamflet tentang International Hijab Solidarity Day.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *