ArtikelOpiniWomen Days

“Ganjaran bagi Wanita yang Tidak Berhijab”

Oleh: Almitra Indira (Wakil Kepala Departemen Kemuslimahan
Serambi FHUI 2016
)

Sahabat muslimah, bisakah kamu sebutkan apa itu perhiasan? Tentu kita semua secara spontan akan menyebutkan kalung, cincin, gelang, anting serta lengkap dengan jenisnya yaitu emas, platina, tembaga, dan sebagainya. Namun, tahukah kamu bahwa sesungguhnya perhiasan itu ada dalam diri kita, seorang wanita muslim. Hal ini disebutkan oleh Rasulullah SAW yang bersabda : “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholihah” (HR. Muslim). Apabila kita membaca hadist tersebut, maka kita ketahui bahwasanya ada kriteria tambahan selain wanita muslim yang dapat dikatakan sebagai perhiasan terbaik, yaitu haruslah seorang wanita sholihah. Salah satu sifat dari seorang wanita sholihah ialah memiliki ketaatan kepada Allah SWT, yaitu menjalankan segala kewajibanNya dan menjauhi laranganNya.

Kewajiban muslimah tersebut salah satunya ialah kewajiban untuk menutup aurat sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surah Al Ahzab ayat 59 dan Surah An Nur ayat 31. Apabila suatu kewajiban tidak dilaksanakan maka tentu akan mendatangkan dosa. Ganjaran bagi muslimah yang tidak berhijab tersebut diriwayatkan dalam beberapa hadist, diantaranya:

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya, Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim), dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali)”. (HR. Muslim).

Selain tidak masuk surga dan tidak mencium bau wangi surga, Allah SWT juga berfirman dalam Al Quran Surah Al Maidah ayat 5 : “…..Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa berhijab untuk menutup aurat bagi kaum wanita adalah hukum syariat Islam yang digariskan Allah SWT dalam Al Quran. Jadi, sederhananya kalau kamu ada niat untuk selamanya tidak berhijab, maka kamu “mengizinkan” amal shalat, zakat, sedekah kamu itu GUGUR dan kamu jadi orang yang merugi! Na’udzubillahimindzalik.. semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang yang disebutkan Al Maidah : 5 yah! Jadi, buat yang masih keukeuh ga mau berhijab, sudah yakin nih bisa menanggung segala siksaannya nanti di akhirat? Yuk berhijab sebelum terlambat!

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *