ArtikelOpiniWomen Days

“Bagaimana Penuansaan IHSD di UI?”

Oleh: Siva Purwaningsih (Kepala Departemen Kemuslimahan Salam UI 19)

International Hijab Solidarity Day (IHSD) yang diperingati setiap 4 September, merupakan suatu bentuk dukungan kami kepada para muslimah untuk mengenakan Jilbab dan pakaian muslimah yang sebenarnya, juga sebagai bentuk kepedulian kami untuk dapat mempertahankan hak seorang muslimah sehingga muslimah dapat menjalankan kewajibannya kepada Allah untuk mengenakan pakaian ketaatannya.

Setiap tahunnya, sejak tahun 2011 Universitas Indonesia melalui Departemen Kemuslimahan Lembaga Dakwah se-UI selalu memperingati International Hijab Solidarity Day yang merupakan rangkaian dari acara Women Days. Kami mengadakan pembagian jilbab kepada mahasiswi UI yang belum dan baru saja berhijab. Kami kemas dengan sebuah packaging cantik dan kami berikan secara langsung kepada teman-teman muslimah di setiap fakultas. Setiap fakultas dengan kreatifitasnya masing-masing juga membuka stand sebagai penuansaannya dan meminta para muslimah yang datang untuk memberikan kesan dan pesan menggunakan post it terkait diadakannya pembagian jilbab tersebut.

Tahun ini dengan mengusung tema yang sama seperti tahun lalu yaitu “Pesan Cinta dari Sang Maha Cinta” , Departemen Kemuslimahan Salam UI dan LD se-UI akan memperluas target penerima jilbab tersebut yaitu dengan memberikan Jilbab kepada para pekerja UI yang mencakup cleaning service, ibu penyapu jalan dan satpam wanita UI.  Kami bermaksud untuk mengemas amunisi kami dengan sebaik mungkin yaitu dengan menambahkan sepucuk Surat Cinta dan Tutorial mengenakan Jilbab Syar’i.

Tahun ini pula, kami juga mencoba membuka donasi “Untuk 1000 Jilbab” di Kitabisa.com dengan tujuan untuk memperluas target kebaikan kami dan mengenalkan adanya Inernasional Hijab Solidarity Day.

Yuk teman-teman bantu wujudkan program kebaikan kami, dengan cara berdonasi melalui kitabisa.com/untuk1000jilbab . Kami sangat berterimakasih kepada teman-teman yang telah berkontribusi dalam mewujudkan untuk 1000 Jilbab tersebut.

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”  [Q.S. Al-Ahzab: 59]

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *