Notulensi SEMUSIM UI Women Days 2017

Notulensi Seminar Muslimah To Be Wonderful Women 2017

 

 

 

Sabtu, 11 November 2017

 

Tema: ”Teladan Syahabiah Di Zaman Rasulullah”
Pembicara: Ustadzah Eko Yulianti Siroj, dan

Tema: Menjadi Muslimah yang Berprestasi
Pembicara: Nadhira Arini dan Ummu Balqis

Berbicara tentang sahabiyah seperti berbicara tentang bintang-bintang di langit. Semakin kita tahu kehidupan tentang sahabat dan sahabiyat semakin kita tahu posisi kita dihadapan Allah swt. Ummat Islam merupakan ummat terbaik yang diciptakan Allah sesuai dengan firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 110.

“ Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalahorang-orang yang fasik.”

Ummat terbaik bukan hanya Rasullullah melainkan kita juga. Sahabat dan sahabiyah beriman kepada Rasulullah karena bertemu dengan Rasulullah sedangkan ummat Nabi Muhammad SAW tidak pernah bertemu dengan Rasulullah namun percaya dan cinta kepada Rasulullah. Tugas kita khairo ummat, yaitu hadir di tengah-tengah manusia (masyarakat) agar mereka bisa menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan yang mungkin kita lakukan. Ketika tidak bisa mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran setidaknya kita bisa menjaga dan mencegah diri sendiri dalam kemungkaran.

Dalam kehidupan kita memiliki visi hidup. Disebutkan dalam surah Al-Fath :29

Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang terhadap sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas  sujud….

baca notulensi selengkapnya, disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *