“Release Salam Goes International Thailand”


Negara Siam atau sebagaimana yang kita ketahui, Kerajaan Thailand, selain memiliki sejuta pesona, kerapkali dijuluki ‘Negeri Seribu Pagoda’. Tak sulit bagi kami untuk menemukan kuil dengan atap bertumpuk bergaya Meru di seluruh wilayah. Mayoritas masyarakat Negeri Gajah Putih ini merupakan penganut Buddha. Bukan suatu fenomena asing melihat para biksu tersebar di hiruk pikuk kesibukan kota. Persembahan dan bau-bau sesaji di setiap sudut bangunan menjadi ciri khas tersendiri bagi Kerajaan Thailand.

Serupa namun tak sama dengan Indonesia, bisa didapati keragaman budaya di Negeri Eksotis ini. Berbagai macam adat istiadat, kuliner, suku-suku, dan kepercayaan. Banyak pula minoritas yang turut melukiskan warna Negeri Thailand. Salah satu diantaranya adalah para muslim. Hidup di dalam beragamya kebudayaan, melontarkann segudang pertanyaan, bagaimana peran mereka di dalam negara? Pergerakan dakwah seperti apa yang dilakukan para muslim Thailand? Bagaimana peran pemuda yang menjadi kunci kekuatan tegaknya bendera islam?

Bismillahirrahmaanirrahiim alhamdulillahirrabbil ‘alamin, puji syukur kami panjatkan kepadaNya yang telah mengizinkan kami menginjakkan kaki di Negeri Seribu Pagoda. Dengan izin dan rahmatNya delegasi Salam Goes International (SGI) berangkat ke Thailand pada tanggal 19 Agustus 2017 dan pulang tanggal 23 Agustus 2017. Delegasi terdiri dari ketua Salam UI (Fahrudin Alwi), Kepala Bidang Eksternal (Maghfira Fauzia), Kepala Bidang Sistem (Malikussaid), fungsionaris Biro Hubungan Antar Bangsa (Cut Annisa Meidina, Rumaisha Milhan, Audy Pratama, Abid Arrobani, Yazid Titan, Dwiky Guruh Ndaru Luriadi, Siti Hanifah, Nabila Mahendra, dan Azkiya Nisa), fungsionaris SLICE (Amira Zahra) dan Kepala Biro Media Center (Kamilah Dwi).

Tujuan SGI tahun ini adalah membuka relasi baru dengan NGO (Non-Goverment Organization) serta lembaga islam dan pemuda yang ada di Thailand, meningkatkan kepedulian serta kontribusi Salam UI dalam gerakan pemuda muslim internasional terkait isu-isu global yang sedang berkembang, mengajak organisasi islam di Thailand untuk berkontribusi dalam program International Symposium on Humanity melalui forum Asean Youth Network, dan mengajak untuk berkontribusi dalam program Salam UI yaitu Humanity International Humanity Newsletter of Salam UI. Oganisasi yang menjadi tujuan kami adalah WAMY (World Assembly of Muslim Youth), BAS (Bangkok Assalam Student), TMSA (Thai Muslim Student Association) dan Halal Science Center di Universitas Chulalongkorn.

Baca selengkapnya pada dokumen terlampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *