Penyataan Sikap Salam UI – Konflik di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Belum lama ini, umat Islam digemparkan dengan serangkaian konflik yang terjadi di sekitar  Masjid  al-Aqsa, Yerusalem. Setelah  beberapa  dekade,  Masjid  Al-Aqsa  kembali ditutup oleh otoritas Israel. Dalam hal ini, Salam UI, sebagai lembaga kerohanian Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai ukhuwwah islamyah, perdamaian, keadilan, dan intelektualitas, merasa perlu untuk menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Salam UI sebagai bagian dari umat Islam mengimbau kepada seluruh umat Islam agar senantiasa meluruskan niat murni hanya untuk Allah dan agama-Nya dalam setiap upaya yang dilakukan dalam rangka mendukung kebebasan muslim Palestina sesuai sabda Rasulullah SAW, “amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul- Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai (untuk yang ia niati).” (Muslim: 1907)

2. Salam UI  sebagai  civitas  akademika  yang  menjunjung  nilai-nilai  intelektual, mengajak masyarakat umum, khususnya umat Islam, untuk mengkaji lebih dalam dan senantiasa melakukan klarifikasi (tabayyun) terlebih dahulu mengenai konflik yang sebenarnya terjadi antara Palestina dan Israel agar tidak terjebak dalam penyataan-pernyataan  yang  bersifat  asumtif  sebelum  melakukan  aksi  lebih  jauh sesuai Firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Isra’: 36: “dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak memiliki pengetahuan tentangnya.”

3. Salam UI sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi perdamaian, mendukung penuh berbagai upaya konkret yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam mengupayakan perdamaian antara Palestina dan Israel sebagaimana  yang  telah  disampaikan  oleh  Presiden  Jokowi  pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI yang diselenggarakan di Jakarta, 6-7 Maret 2016 yang lalu.

4. Salam UI sebagai lembaga kemahasiswaan islam dan bagian dari Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan islam mengajak seluruh pemuda muslim di Indonesia untuk berkolaborasi melakukan upaya konkret demi mewujudkan perdamaian dan mengembalikan hak ibadah umat Islam di Palestina.

5. Salam UI meminta seluruh umat Islam di seluruh wilayah Indonesia untuk senantiasa sabar dan tawakkal serta memberikan bantuan berupa do’a yang dinyatakan dalam bentuk qunut nazilah di setiap salat rawatib, dalam rangka meminta intervensi Allah SWT dalam menyelesaikan konflik ini sesuai Hadits Riwayat Bukhari, “dari Abu Hurairah, ia berkata: Sesungguhnya Nabi SAW apabila hendak mendo’akan keselamatan atau kecelakaan bagi seseorang, beliau mengerjakan qunut sesudah ruku’ (dalam salat wajibnya)” (Bukhari: 4560)

Demikian pernyataan sikap ini kami buat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Depok, 21 Juli 2017

Sekretaris Jenderal Salam UI
Ahmad Fauzi

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *