“Merawat UI, Merawat Indonesia”

Jumat, 9 Juni 2017 menjadi salah satu hari yang berbahagia buat kami. Hari itu, difasilitasi MWA UI UM, saudara Rico Novianto, LDKN Salam UI bertemu dengan Bapak Rektor UI, Prof. Dr. Ir. M. Anis. Bak perjumpaan antara anak dan seorang ayah, pertemuan itu terjadi begitu hangat. Silaturahim tersebut diawali dengan harapan besar akan persatuan umat Islam (yang semoga segera menjadi kenyataan dalam waktu dekat). Pertemuan dilanjutkan penyampaian pencapaian LDKN Salam UI yang berkaitan dengan UI dan keumatan:

1. Terlaksananya pertemuan UKM Kerohanian se-UI: Salam UI (Islam), KMB UI (Buddha), KMK UI (Katolik), PO UI (Protestan) dan KMHD UI (Hindu) dan disepakati kolaborasi gerakan anti abstinensi serta membuat agenda bersama kepedulian terhadap pahlawan kebersihan (penyapu jalan) di UI. Keduanya semoga bisa terlaksana di paruh tahun kedua 2017.

2. Ikhtiar untuk kembali menguatkan keharmonisan di UI melalui kesepakatan bersama Salam UI dan KMB UI terkait peristiwa pembakaran tempat ibadah di Tanjung Balai (link bisa dilihat di http://uiupdate.ui.ac.id/content/pernyataan-sikap-bersama), juga tulisan salah seorang pengurus KMB UI, Shierlen Octavia, pasca soft movement Salam UI di Pusgiwa UI (link bisa dilihat di https://timeline.line.me/…/_dULCKw05Eq0…/1149606770907022354 atau http://salam.ui.ac.id/…/…/02/merawat-kebhinekaan-di-pusgiwa/)

Pertemuan penuh makna itu juga membahas isu-isu hangat keumatan seperti radikalisme, persatuan umat, kolaborasi kebaikan antar UKM Kerohanian se-UI, dan beberapa hal lain.
Setidaknya ada 3 hal yang dibahas dan disepakati bersama antara LDKN Salam UI dan Prof. Dr. Ir. M. Anis, Rektor UI:

1. Rektorat UI dan Salam UI bersama melawan radikalisme. Kami sepakat bahwa radikalisme berlawanan dengan sisi humanis dan ‘rahmatan lil ‘alamin’. Ke depan, Rektor bersama LDKN Salam UI, UKM Kerohanian di UI, juga LDF se-UI serta mengajak elemen lain seperti BNPT dan lainnya untuk bersama merumuskan hal untuk menyikapi radikalisme di UI khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

2. Mengoptimalkan amanah LDKN Salam UI sebagai Puskomnas (Pusat Komunikasi Nasional) FSLDK (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus) Indonesia untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan bersama dalam gerakan nasional untuk melawan radikalisme.

3. Prof. Dr. Ir. M. Anis juga menekankan untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar UKM Kerohanian se-UI dan menjadikan UI sebagai kampus percontohan dalam hal keharmonisan antar umat beragama.

Alhamdulillah. Pertemuan dengan beliau kami tutup dengan izin take video saat Prof. Anis bertilawah untuk salah satu campaign kebaikan terbaru: “UI Adem”. Terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu terlaksananya silaturahim ini. Jazakumullah ahsanal jaza. Semoga impian UI dan Indonesia yang lebih harmonis bisa terwujud dalam kurun waktu dekat. Aamiin

Fahrudin Alwi,
Ketua LDKN Salam UI 20,
Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *