“Bersih Bersih Harta”

Oleh: Malikussaid (Kepala Bidang Sistem Salam UI 20)

Heh
Rukun Islam ketiga apa?
Apa hayo?

Zakat?
Yak selamat,

Anda salah!
Rukun Islam ketiga itu puasa coy. Rukun iman keempat baru zakat.

Tapi lo nyadar gak sih kalau di bulan Ramadhan ini banyak bat masjid ngaku ‘menerima dan menyalurkan zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf’?

Ya! Karena ramadhan ini adalah momen berzakat. Persisnya sejak awal ramadhan hingga semelum shalat ‘Ied.

Ngomong-ngomong shalat ‘Ied, lo shalat gak? Ibarat kata Pokémon, kalau shalat wajib rawatib itu common, shalat jum’at itu rare, shalat ‘Ied tu legendary coy! Setahun 2× doang. Jangan lupa dengerin khutbahnya. Itu bagian dari shalat ‘Ied sebagaimana khutbah Jum’at bagian dari shalat Jum’at.

Nah. Back to zakat. Apatuh zakat yang waktunya di awal ramadhan sampai shalat ‘Ied?

عَنِ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: – فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ اَلْفِطْرِ, صَاعًا مِنْ تَمْرٍ, أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ: عَلَى اَلْعَبْدِ وَالْحُرِّ, وَالذَّكَرِ, وَالْأُنْثَى, وَالصَّغِيرِ, وَالْكَبِيرِ, مِنَ اَلْمُسْلِمِينَ, وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ اَلنَّاسِ إِلَى اَلصَّلَاةِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْه ِ

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” (HR. Bukhari no. 1503 dan Muslim no. 984).

Nama zakatnya adalah Zakat Fitrah. Jadi zakat ini wajib buat siapa aja, cewe cowo, budak atau merdeka (jadi gak ada alesan buat ngaku lo budak harta, tahta, dan kuota), tua muda, semua bayar.

Berapa banyaknya? Satu sha’, atau kalau jaman sekarang 2,5 kg dari makanan pokok lo. Kali aje lo orang sehat kan makannya Muesli tiap hari, zakatin tuh muesli.

Kalau lo masih makan beras kyk gue, ya lo zakatin beras. Tapi jangan juga lo biasa makan pandan wangi yang lo zakatin beras raskin -_-

Ada juga opsi untuk membayar seharga 2,5 kg makanan pokok lo. Secara mungkin kebanyakan orang lebih butuh 10 kg beras daripada 2,5 kg Muesli.

Inget ya! Bayarnya sebelum shalat ‘Id. Kalau enggak, lo sama aja kyk nyetor UAS take home pas masuk semester depan. Telat bro! Zakat apapun namanya mau zakat fitrah, zakat maal, zakat pertanian, itu wajib btw, jadi kalau lo gak bayar ya dosa, sama kyk kalau lo gak puasa atau lo gak shalat.

Eh ada zakat yang lain? Iya ada. Ada zakat pertanian, zakat harta temuan, zakat logam mulia, dst. Gue berasumsi lo mahasiswa, bukan petani, lo gak nemu harta karun, yang mana kalau lo gali paling nemunya kaleng berisi kenangan si dia yang lo tinggalin saat taubat (yo’ii!), dan lo juga enggak main Jenga pake emas batangan.

Terus lo ada zakat apa lagi? Nah ini nih. Biar kata masih nunggu duit bulanan (yang mana sekarang lagi banyak gara gara THR), tapi bukan gak mungkin lo ngajar, jualan, atau bahkan punya usaha sendiri. Temen gue aja, Zain, kalau lagi musim sibuk, sebulan bisa dapet 5jt lebih.

Pendapat Ibnu Mas’ud r.a.
Abu Ubaid meriwayatkan dari Hubairah bin Barim, ia berkata, “Ibnu Mas’ud memberi kami upah dalam kantong-kantong kecil berisi uang, kemudian mengambil zakat darinya.” Hubairah meriwayatkan, ia berkata, “Ibnu Mas’ud mengeluarkan zakat dari setiap 1000 sebesar 25.”

Pendapat Umar bin Abdul Aziz
Abu Ubaid menyebutkan bahwa jika seseorang memberi upah kepada Umar bin Abdul Aziz, Beliau mengambil zakat darinya. Apabila Beliau mengembalikan harta-harta yang pernah disita pemerintah, Beliau mengambil zakatnya darinya, dan Beliau juga mengambil zakat dari pendapatan yang dikeluarkan Baitul Maal setelah dicairkan kepada para penerimanya.

Tapi tenang ae sob, Zakat ini gak wajib untuk semua kyk zakat fitrah. Ada nisabnya yakni setara harga 85 gram emas. Apaan tuh nisab? Nisab itu jumlah minimal harta sebelum diwajibkan zakat atasnya. Kalau di akuntansi sejenis PTKP kali ya, Penghasilan Tidak Kena Pajak. Nah kalau ini PTKZ, Penghasilan Tidak Kena Zakat.

Coba kita hitung. Harga emas spot tanggal 21 Juni Rp532.086/g. Kenapa pakai harga spot? Ya karena nisabnya adalah 85 gram emas, bukan 85 gram emas batangan, atau 85 gram emas batik. Dengan kata lain, biaya pengolahan gak dihitung.

Rp532.086/g × 85g/tahun × 1 tahun/12 bulan = Rp3.768.942,50/bulan

Nah artinya kalau total pendapatan lo, dari ngajar, beasiswa bidikmisi, ngawas SIMAK dan SBM, per bulan lebih dari 3,75jt lo salurin deh daripada ngotorin harta lo. Buat apa harta banyak tapi gak berkah, ye gak?

Catatan neh, angka 3,75 tadi gak termasuk kiriman dari ortu ya, dengan asumsi ortu lo udah zakat duluan. Karena gak ada zakat 2 kali untuk harta yang sama sebelum berpindah tangan, dan untuk keperluan tulisan ini, gue berasumsi lo masih dihidupi ortu, jadi secara hukum gak ada perpindahan tangan harta saat ortu lo ngirim duit bulanan ke lo. Kalau ternyata ortu lo belum zakat? Ya berarti lo keluarin tuh 2,5nya, sambil ngingetin mereka, zakat itu wajib lho!

وَلاَ يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَآءَاتَاهُمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ هُوَ خَيْرًا لَّهُمْ بَلْ هُوَ شَرُُّ لَّهُمْ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَللهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan di lehernya kelak pada hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” [QS. Ali Imran:180].

Semoga Allah senantiasa melapangkan rezeki kita dan hati kita sehingga kita bisa terus membantu sesama. Yang benar datangnya dari Allah, dan segala kekurangan berasal dari penulis.

Wallahu a’lam bish shawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *