“Tayangan Televisi di Bulan Ramadhan”


Oleh: Verawati Dewi Susanti (Kepala Departemen Syiar FPPI FIK UI UI 2017)

Bismillahirrahmanirrahim…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tak terasa kita sudah memasukin hari ke-25 Ramadhan dan hari kemenangan sudah siap menyambut di depan mata. Sudahkan kita mengisi 25 hari kita dengan kegiatan yang bermanfaat? atau kita hanya duduk manis di depan televisi melihat tayangannya?

Berbicara tentang tayangan televisi di bulan Ramadhan, rasanya tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara televisi di bulan Ramadhan khususnya di Indonesia cenderung diisi oleh acara-acara yang beragam mulai dari kajian, kompetisi anak menghafal Al-Quran, sinetron bergenre religi, hingga acara-acara yang notabene hanya menghibur dengan lelucon lucu yang memecah tawa para penontonnya.

Dari tayangan-tayangan tersebut ada yang membawa manfaat dan menambah semangat kita dalam mengejar keutamaan-keutamaan Ramadhan. Namun, ada pula yang cenderung kurang bermanfaat. Contohnya saat waktu sahur, banyak channel televisi yang menayangkan acara-acara yang terkesan hanya berisi candaan-candaan belaka. Tak heran terkadang acara tersebut berhasil memecah kantuk di waktu sahur. Namun, jangan sampai acara tersebut mengalihkan perhatian dan fokus kita dari mengejar keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan khususnya di waktu sahur tersebut. Apalagi sampai melenakan kita dari melakukan amalan-amalan yang dapat kita lakukan di waktu sahur. Padahal waktu sahur adalah waktu yang istimewa untuk melakukan amalan-amalan seperti shalat tahajud, berdoa, beristighfar, dan amalan-amalan lain.

Sebagaimana hadits Rasulullah saw, Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada setiap malam, Allah Ta’ala turun kelangit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Allah berfirman:’ Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampuni.” (HR. Bukhari 1145 dan Muslim 758).

Jadi sebenarnya, pada waktu sahur Allah menawarkan kepada semua hambanya yang mau duduk bersimpuh dan memohon ampunan kepada-Nya. Jangan sia-siakan waktu istimewa ini untuk mendekat kepada-Nya daripada menonton acara televisi yang bisa melenakan kita dari melakukan amalan-amalan tersebut. Mulai dari sekarang yuk kita saring tontonan-tontonan kita. Pilih tontonan yang dapat meningkatkan semangat dan kedekatan kita dengan Allah khsusunya di bulan Ramadhan ini bukan sebaliknya. Wallahu a’lam bishawab.

Semoga melalui tulisan ini dapat menjadi bahan renungan kita bersama. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *