“Dianjurkan Bersedekah pada Bulan Ramadhan”


Oleh: M. Reza Adhiwardhana N. (Staff Departemen Syiar Foksi Vokasi UI 2017)

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Dalam memperingati Bulan Suci Ramadhan 1438 H, ada berbagai bentuk ibadah menuju kebaikan yang mana membuat para umat muslim dan muslimah di seluruh dunia, termasuk umat muslim di Negara Indonesia yang berlomba-lomba untuk meraihnya. Indonesia yang mana memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia merupakan salah satu negara dengan masyarakat yang mayoritas muslim dan juga menyambut momen bulan suci Ramadhan dengan suka cita.

Ada salah satu bentuk ibadah dalam menyambut bulan suci ini, yaitu bersedekah. Sedekah merupakan salah satu dari ibadah yang bertujuan untuk menyucikan harta dan diri agar menjadi penenteram batin mereka yang bersedekah. Seperti yang dijelaskan dalam artian Ayat Suci Al-Qur’an yaitu : “Ambillah Zakat dari sebagain harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha mengetahui” (Q.S. At-Taubah, ayat 103.)

Islam sendiri sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Sedekah sendiri menurut penulis merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat mudah dilakukan dan ketika kita melakukkannya kita akan mendapatkan kedamaian dalam batin kita. Terutama di bulan suci Ramadhan yang mana merupakan bulan yang baik bagi kita sebagai umat muslim untuk beribadah dan juga di bulan ini amal dan perbuatan kita yang menjadi pahala bagi kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah.

Ketahuilah bahwa kedermawanan merupakan salah satu sifat Allah Ta’ala. Sebagaimana hadits berikut ini: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Bani dalam Shahihul Jami, 1744 ).

Bentuk- bentuk keutamaan bersedekah yaitu : Sedekah dapat menghapus dosa, Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir, sedekah memberi keberkahan pada

harta, Dilipatgandakan pahalanya, dengan bersedekah dapat membebaskannya dari siksa kubur, dan masih banyak lagi keberkahan dan keuntungan melakukan ibadah ini, terutama di bulan suci ramadhan ini. Jadi perbanyaklah beribadah terutama dalam bulan suci ramadhan, salah satunya adalah dengan bersedekah, karena bersedekah merupakan salah satu bentuk kebaikan kita dalam berbagi terhadap sesama manusia.

Sekian dari penulis Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *