“1 1/2 Jam = Ampunan + Pahala”


Oleh: Rai Pratama (Ketua LD FUSI FT UI 2017)

Telah tiba suatu bulan, dimana kehadirannya selalu ditunggu-tunggu. Bulan dimana membuat orang yang  menunggunya pun penuh dengan kekhawatiran. Apakah Allah memasukkan kita sebagai orang yang dipilihNya ? Atau Allah mencukupkan kita untuk tidak bertemu lagi ?  Rasanya perasaan tersebut tidak berlebihan karena bulan ini sangat istimewa. Bulan dimana tiap detiknya merasa selalu ingin diajak berbuat kebaikan. Bulan dimana tiap detiknya merasa ingin menolak diajak berbuat keburukan. Ya, bulan itu adalah bulan Ramadhan.

Hadirnya Ramadhan seperti oase ditengah gurun pasir, membawa banyak ampunan dan pahala didalamnya. Salah satu sarananya adalah shalat tarawih. Tarawih berasal dari kata [رَاحَ  يَـرُوح], artinya istirahat. Pada umumnya orang mengartikan santai, sehingga shalat tarawih adalah shalat yang santai. Maksudnya adalah shalatnya tidak terburu-buru, bacaan shalat yang panjang, i’tidal, rukuk, hingga sujudnya haruslah tuma’ninah maka dari itu inilah makna dari sholat tarawih.

Dizaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sahabat, shalat tarawih dinamakan juga qiyamul lail atau qiyam Ramadhan. Dimana shalat tersebut memiliki keutamaan, diantaranya :

Pertama, ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat :
Barangsiapa yang melakukan qiyamullail di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari, I/16; III/33).

Kedua, mendapatkan pahala shalat semalam penuh :
Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh. (HR. Nasai 1605, Turmudzi 806, dan dishahihkan al-Albani). Hadis diatas menjadi dalil anjuran agar kita dapat mendirikan shalat tarawih secara berjamaah dan mengikuti imam hingga selesai.

Melihat keutamaan yang besar, rasanya shalat tarawih yang rata-rata dilakukan hanya 1,5 jam tidak sebanding dengan ganjaran yang Allah janjikan. Disisa hari-hari Ramadhan kita terus kejar ampunan dan pahala yang Allah jajinkan agar kita menjadi orang yang happy ending diakhir Ramadhan. Semoga Allah mempermudah kita dalam mengisi bulan Ramadhan dengan penuh semangat untuk ibadah dan kebaikan.

Allahu a’lam.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *