“Demam Bola di Bulan Mulia”

Oleh: Akbar Haryo Nugroho (Staff Biro S-Corp Salam UI 19)

Ada banyak bulan dalam penanggalan hijriah yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT, salah satu diantaranya ialah bulan Ramadhan. Di antara bulan-bulan istimewa yang lain, bulan Ramadhan mengandung lebih banyak keistimewaan, ibadah puasa, di turunkannya Al-Qur’an, rahmat, ampunan hingga jaminan terbebas dari api neraka merupakan keistimewaan sekaligus keutamaan Ramadhan.

Dibanding kalender Masehi, kalender hijriah memiliki masa edar yang lebih cepat. Hal itu disebabkan perputaran bulan mengelilingi bumi selama 12 kali lebih cepat dibanding waktu bumi mengitari matahari dalam sekali dan membawa konsekuensi terus bergesernya bulan Ramadhan dalam kalender masehi.Dalam ramadhan tahun ini, pelbagai kompetisi internasional berlangsung, salah satunya European Football Championship 2016 atau yang lebih dikenal dengan EURO 2016. Kompetisi EURO tahun ini seluruhnya berlangsung di Prancis. Negara ini mengalami puncak musim panas dalam penyelenggaraan tahun ini.

Sebagai orang yang sangat menggemari olahraga sepak bola, kejuaraan EURO sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mereka akan berusaha untuk mengetahui perkembangan berita, profil tim ataupun skor akhir dari setiap pertandingan. Namun bagi mereka yang keranjingan baik praktisi ataupun pengamat olahraga ini, menonton merupakan sebuah kesempatan yang sayang dilewatkan karena EURO merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbesar kedua setelah piala dunia.

Kejuaraan EURO tahun ini terasa lebih seru dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan UEFA (asosiasi sepak bola eropa) memperbanyak peserta kompetisi dari yang sebelumnya berjumlah 16, menjadi 24 peserta di putaran final. Hal ini ditujukan untuk lebih mengakomodasi seluruh negara anggota UEFA, untuk dapat bersaing di kompetisi seketat EURO. Negara peserta yang bermain di putaran final EURO, benar-benar merupakan negara pilihan karena telah lolos dari putaran kualifikasi EURO yang sistemnya telah diperketat dan berkorelasi langsung terhadap koefisien serta peringkat FIFA yang berlaku di seluruh dunia. Hal lain yang membuat kejuaraan tahun ini lebih seru ialah waktu pelaksanaan yang lebih panjang, tampilnya bintang-bintang top dunia serta banyaknya pemain-pemain muslim yang bermain membela negaranya masing-masing.

Perbedaan waktu antara Prancis dan tanah air membuat penikmat sepak bola harus meluangkan waktunya di malam hari. Hal ini disebabkan perbedaan waktu selama 5 jam (6 jam selain musim panas) antara Prancis dan Indonesia, sehingga meskipun seluruh laga dimulai ketika hari terang (daylight), penonton Indonesia akan menyaksikannnya saat malam hari bahkan dini hari. Setiap hari, rata-rata dipertandingkan 3 pertandingan, pertandingan pertama dimulai pukul 20.00 WIB, pertandingan kedua dimulai pukul 23.00 WIB dan pertandingan ketiga dimulai pukul 02.00 WIB. Hal ini hampir mennghabiskan seluruh waktu malam para pemirsa. Bagi pemirsa muslim, malam di bulan Ramadhan yang penuh rahmat, akan sangat rugi jika dihabisakan tanpa melakukan ibadah. Hanya di bulan ini, umat muslim sangat dianjurkan mengerjakan shalat Tarawih, shalat Witir serta shalat Tahajud. Lalu, apakah bisa kita mengekspresikan kecintaan terhadap hobi sekaligus tetap beribadah kepada sang maha cinta?

Hal yang sesungguhnya sangat mudah dilakukan dengan memiliki manajemen waktu yang baik. Dengan manajemen yang baik, kita tetap bisa menikmati pertandingan EURO 2016 sekaligus tetap meluangkan waktu yang cukup dengan beribadah. Sediankan waktu yang luang untuk menonton dan sediakan waktu khusus pula untuk ibadah. Pilihlah pertandingan yang benar-benar kita ingin nikmati, jika kita memilih pertandingan pertama, kita bisa meluangkan waktu setelahnya untuk shalat tarawih, witir dan tahajud, jika kita memilih waktu kedua, kita bisa tetap shalat tarawih di waktu pertama dan shalat tahajud di waktu ketiga. Hal itu juga berlaku untuk pertandingan ketiga, dimana kita dapat memilih waktu sebelumnya untuk shalat tarawih dan tahajud. Dengan menajemen waktu yang baik, event sebesar EURO yang hanya terdapat 4 tahun sekali dan juga bulan Ramadhan yang penuh keutamaan dapat membawa kebaikan yang optimal dalam sisi emosional, sosial serta spiritual umat muslim di Indonesia.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *