“Marhaban Ya Ramadhan”

Oleh: Muhammad Adli Pratama
(Kepala Departemen Kastrad FUSI FT 2016)

Tak terasa, tanggal 6 Juni 2016 ini adalah 1 Ramadhan 1437 H kita. Ramadhan sudah datang lagi, bulan suci di mana Rasulullah SAW dan seluruh ummat Islam menunggu datangnya bulan ini, bulan penuh rahmat-Nya, pintu syurga dibukakan, pintu neraka ditutup rapat, setan dibelenggu, dan bulan penuh limpahan keberkahan Allah SWT. Dalam berpuasa di bulan Ramadhan ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh kita dalam berpuasa.

1. Berniat

Menguatkan hati dan berniat agar Ramadhan tahun ini jauh lebih baik dan bermakna dari tahun sebelumnya. Berharap kepada Allah SWT, agar istiqamah menjalankan setiap ibadah yang di Bulan Ramadhan.

2. Berdoa

Memperbanyak membaca doa yang Rasulullah SAW contohkan

“Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban. Serta sampaikan atau pertemukan kami dengan Bulan Ramadhan”

Dengan senantiasa berdoa, tentu ruhiyah kita akan semakin dekat dan bersih ketika memasuki Bulan Ramadhan.

3. Bersemangat Dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Semakin mendekati Bulan Ramadhan, maka hati dan diri ini semakin senang karena ingin bertemu dengan Bulan Penuh Keberkahan, namun sekarang kita sudah di dalam bulan itu. Timbulkan rasa ingin beribadah lebih banyak dalam hati ini. Jangan ada niat dalam hati seakan-akan kita terbelenggu karena di bulan Ramadhan dimana kita tidak boleh makan dan minum.

Perbanyaklah Ibadah di Bulan Ramadhan. Allah SWT telah memberikan banyak keberkahan yang diberikan pada Bulan Ramadhan seperti pahala yang berlipat ganda, malam Al Qadr, pintu syurga di buka, pintu neraka di tutup, setan dibelenggu, ampunan dan rahmat seluas- luasnya dari Allah, dan kemuliaan kemuliaan lain yang Allah berikan.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah spesial yang hanya ada satu kali dalam satu tahun, berbeda dengan shalat fardhu yang kita laksanakan setiap harinya. Bulan Ramadhan juga bulan suci nan diagungkan, yang kedatangannya satu kali dalam satu tahun, berbeda dengan bulan-bulan lain. Ibadah-ibadah spesial di bulan Ramadhan, seperti tarawih, hanya ada di bulan penuh berkah ini, tidak sama dengan bulan-bulan setelah dan sebelumnya. Keistimewaan bulan ini harus kita dapatkan, maka hendaklah kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan suka cita.

Dokumen dapat diunduh di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *