KOPI Ramadhan

“1 Jam Saja”

Oleh Dea Assifa (Kepala Bidang Internal SALAM UI 21)

Alhamdulillaah, ga kerasa ya sudah sampai di hari kelima Bulan Ramadhan! Rasanya, baru kemarin malam pertama tarawih ya. Nah, untuk menjaga produktivitas di bulan Ramadhan ini, saya mau share satu kisah inspiratif dari buku “99 Mutiara Hijabers” karya Kang Maman. Satu kisah di buku ini adalah tentang “Menjauhi Dosa”


Gadis kecil datang kepada Ayahnya, bertanya dengan lugunya, “Apakah kita bisa hidup dengan tidak berbuat dosa sama sekali?”
Menatap anaknya, Sang Ayah menjawab

“Tidak, Nak… “

“Apakah bisa hidup tanpa berdosa dalam setahun?” (Ayah menggeleng)

”Bagaimana kalau satu bulan, mungkinkah kita bisa menghindari dosa dalam waktu sebulan?” Ayah menjawab,

“Mungkin tidak bisa juga”

“Ayah, ini yang terakhir. Bisakah kita hidup tidak berdosa dalam waktu 1 JAM?”

Ayah menjawab,

“Kemungkinan besar, bisa Nak”
Gadis mungil itu pun tersenyum.

“Kalau begitu, aku akan hidup dengan BENAR, dari 1 JAM KE 1 JAM. Lebih mudah menjalaninya. Dan aku akan MENJAGANYA dari 1 JAM KE 1 JAM berikutnya, sehingga perlahan, aku dapat hidup dengan benar.”


Entah kenapa, cerita singkat yang sederhana ini dapat membuat saya merasa “tertampar”, terevaluasi bahwa jangan-jangan saya terlalu berpikir jauh hanya terfokus untuk menghindari dosa besar yang jelas terlihat, tanpa berusaha fokus menjaga diri dari dosa-dosa kecil yang justru memiliki tingkat risiko tinggi untuk dilakukan orang biasa seperti saya.

Terlebih, dosa kecil yang lebih mudah untuk “terabaikan “ ini akan menjadi tumpukkan dosa yang bisa jadi jumlahnya lebih besar daripada disa besar itu sendiri, sehingga Allaah tidak meridhoi langkah hidup ini. Naudzubillaah.

Jadi, mulailah sekarang, jadikanlah Bulan Ramadhan ini sebagai Pelatihan Kehidupan untuk membiasakan diri menghindari dosa, dan mengalihkan pada banyak berbuat kebaikan. Sesungguhnya, Allah melimpahkan pahala kebaikan di Bulan ini, agar manusia termotivasi untuk mau membangun kebiasaan baik.

Mulai dari hal kecil. Mulai dari sekarang. Mulai dari 1 jam saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *